Wacana
Tentang Iklan
Iklan adalah
pesan atau penawaran suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak lewat
suatu media. Iklan dari segi konteksnya adalah bentuk pernyataan yang memuat
pesan mengenai gagasan, produk, atau jasa yang ditawarkan oleh perseorangan
atau perusahaan dan lembaga, baik swasta maupun pemerintah.
Ciri-ciri iklan:
1.
Bahasanya
singkat, padat, dan menarik;
2.
Bersifat persuasif karena berusaha mempengaruhi konsumen dan
3.
Bersifat
komersial.
Secara umum
iklan berfungsi sebagai alat untuk mempengaruhi sasaran iklan untuk menyetujui
dan pada kahirnya mengikuti apa yang diiklankan. Secara khusus iklan setidaknya
mempunyai enam fungsi, yakni sebagai berikut.
1.
Iklan sebagai
alat komunikasi antara penjual dan calon konsumen sehingga keinginan penjual
dan calon konsumen terpenuhi.
2.
Iklan untuk
membujuk dan mempersuasi masyarakat terutama kepada calon konsumen potensial
dengan cara meyakinkan bahwa produk yang diiklankan lebih baik dari produk lain
atau layak dikonsumsi.
3.
Iklan
menciptakan image atau anggapan tertentu terhadap barang atau jasa yang
diiklankan sehingga masyarakat memahami mutu produk yang diiklankan.
4.
Iklan memberikan
nilai tambah suatu produk barang jasa dengan memberikan informasi tentang
barang yang diklankan sehingga masyarakat akan tahu dan mau mengonsumsinya.
5.
Iklan dapat
sebagai alat untuk merangsang penggunaan dan distribusi produk baru.
6.
Iklan merupakan
sarana untuk menawarkan pilihan produk baru dan membangun kesetiaan terhadap
produk tersebut.
Iklan dapat disajikan melalui
berbagai media, seperti radio, televisi, dan internet. Munculnya internet tidak
menenggelamkan fungsi radio sebagai salah satu media pilihan konsumen. Oleh
karena itu, iklan di radio teap perlu untuk dipertimbangkan sebagai media
promosi suatu produk atau jasa. Selain televisi, radio merupakan pilihan yang
tepat untuk menjangkau konsumen di daerah tertentu, termasuk pedalaman. Dengan
memilih tipe program dan segmen radio yang sesuai, pengiklan dapat lebih fokus
untuk mempromosikan produk atau jasa sesuai tipe pendengar yang lebih beragam,
baik dari segi usia, etnik, maupun gaya hidup tertentu.
Iklan radio yang efektif adalah yang
mampu melibatkan pendenganya. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilihan kata
yang menarik, penggunaan musik, maupun sound effect lainnya. Ada kalanya radio
juga menawarkan jasa untuk membacakan naskah iklan oleh penyiarnya.
Berbeda dengan media massa cetak,
iklan di radio dan televisi lebih efektif untuk menyela perhatian pendengar
atau penonton dan menciptakan minat tanpa pedengar atau penonton beralih ke
siaran lain. Iklan televisi dan radio memiliki sifat yang berbeda dengan iklan yang lain. Perbedaan tersebut
karena sifat khalayaknya yang sebagian dari khalayak itu sama sekali tidak mau
disuguhi iklan, tetapi sebagian yang lain memang konsumen komersial.
Teknik Menyimak Iklan Radio/Televisi
Iklan merupakan sajian media massa cetak maupun elektronik yang unik. Hampir
tidak ada satu orang pun yang secara khusus menyimak iklan. Oleh karena itulah,
iklan selalu dibuat semenarik mungkin sehingga dapat mempersuasi khalayak.
Bahkan, terkadang iklan menggunakan segala cara agar tujuan pembuatannya
tercapai. Oleh karena itu, dalam menyimak iklan harus dilakukan dengan prosedur
sebagai berikut.
1.
Penyimak harus
menyadari bahwa iklan bersifat persuasif. Iklan adalah karya seni untuk
mempersuasi orang. Persuasi iklan radio dapat melalui pilihan kata,
musik, atau sound effect lainnya, dan pilihan tokoh atau model dalam iklan.
Iklan televisi ditambah dengan demonstrasi produk secara visual sehingga jauh
lebih menarik.
2.
Peyimak harus
bersikap objektif, mampu membedakan fakta dan opini dalam iklan.
3.
Penyimak harus
mengecek kebenaran fakta dan opini dalam iklan dengan sumber yang lain.
Misalnya dengan mengecek objek aslinya, mencari informasi dari orang yang
berkompeten (misalnya untuk iklan produk kesehatan, penyimak dapat meminta
dokter memberi rekomendasi).
4.
Penyimak harus
memperhatikan apakah produk atau jasa memenuhi aturan yang berlaku atau tidak.
Produk berupa barang harus memilki izin produksi, rekomendasi BPOM, dan
rekomendasi halal. Usaha di bidang jasa harus memenuhi ijin usaha.
NAMA: NUR MAWARDI JULI KEMIS
NPM : 25110136
KELAS : 2KB04
Tidak ada komentar:
Posting Komentar